Peka Aksara

Disini, aku pulang

Pada Sebuah Kapal – NH. Dini

Sinopsis

Sri sebagai tokoh utama yang berprofesi sebagai penari dan penyiar Indonesia. Seorang wanita cerdas dan tegas namun lemah dalam soal percintaan membuatnya perlu bertualang jauh untuk mendapatkan seseorang yang benar-benar ia inginkan. Terutama setelah meninggalnya tunangan yang sangat ia cintai, sosok Saputro yang santun dan manis.

Hidupnya berubah setelah pernikahannya dengan seorang pria Eropa, keputusannya yang mendadak dan sempat ditolak oleh kakak kesayangannya tak membuat Sri gentar, dan terus mengikuti keputusannya untuk menikah dan menetap di Eropa setelah pernikahan yang akhirnya dilangsukan meski tetap meninggalkan rasa jengkel oleh lingkungan keluarganya.

Penyesalan pun menghujani Sri sehingga membawanya kepada luka dan kejadian-kejadian di lingkungan Eropa yang membuat Sri merasa kehilangan sosoknya yang terdahulu. Sri kini lebih manut (patuh) dan tidak banyak membantah meski pertengkaran dengan sang suami terbilang sering.

Hingga perjalanan pada sebuah kapal bersama buah hatinya membawanya menemukan seorang perwira Eropa yang tampan dengan tubuh yang kokoh, membuat keberanian dan jati diri seorang Sri kembali. Pada sebuah kapal akhirnya Sri kembali menghidupkan rasa cinta dalam dadanya, meski bukan lagi untuk sang suami.

Michel yang diam-diam sudah jatuh hati dengan Sri sejak kali pertama, merasa Sri berbeda dengan gadis-gadis kapal sebelumnya. Gerakan Sri yang lembut dan tutur katanya yang santun, membuat Michel yakin untuk jatuh cinta dengan gadis penari asal Indonesia tersebut.

Pertemuan kecil yang seharusnya tidak dilakukan akhirnya tetap terjadi, perasaan mereka yang membuncah tidak membuat goyah meski rasanya Tuhan pun melarang. Petualangan cinta Sri dan Michel terasa berhenti ketika mereka saling bertemu pada sebuah kapal.

Keunggulan Cerita

Aku suka banget cerita ini karena mampu membawa pembaca masa kini pada decade 70an. Dimana ketika perjalanan panjang masih harus ditempuh dengan kapal yang memaksa penumpang untuk menikmati setiap pemberhentian, namun juga memberi pengalaman menarik selama perjalanan.

Bahkan perjalanan pada sebuah kapal mampu membuat penumpang saling jatuh cinta, seperti Sri dan perwira Michel. Petualangan cinta Michel disinilah yang kental, karena sosoknya sebagai seorang perwira kapal yang jarang pulang dan sangat menikmati pekerjaannya di kapal.

Yang lebih menarik adalah karakter Sri yang membuat aku sebagai pembaca seperti berkaca. Kelembutannya, egoisnya, keras kepalanya dan ketegasannya dalam menjalani hidup sebagai wanita Indonesia yang tinggal dan harus patuh terhadap budaya Eropa membuat pembaca bisa belajar lebih banyak.

Tentang Penulis

Selain sebagai seorang penulis senior, NH. Dini juga dikenal sebagai nenek dari Minions. Karena anaknya yang bernama Pierre Coffin berhasil mempopulerkan Minions pada film Despicable Me. NH. Dini sudah menulis sejak tahun 70an, tidak heran latar belakang novelnya sangat jelas menggambarkan kehidupan di tahun tersebut.

Banyak yang menanyakan perihal novel Pada Sebuah Kapal ini, apakah berasal dari kisah nyata seorang NH. Dini yang mengingat suaminya juga seorang warga negara Prancis. Hal tersebut dijawab sederhana dengan NH. Dini bahwa hal yang wajar ketika seorang penulis menuangkan beberapa cerita pribadinya ke dalam sebuah cerita, tapi tidak juga menutup kemungkinan cerita tersebut dipadukan dengan jalan cerita yang sudah ditentukan untuk ditulis.

Mengalami kecelakaan, NH. Dini meninggal dunia pada tanggal 04 Desember 2018 lalu setelah melakukan terapi tusuk jarum, mengingat sosoknya yang sangat memperhatikan kesehatan dan kehidupannya meski harus jauh dari kedua anaknya yang menetap di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *