Terbaik di Jawa Timur dan Percontohan Nasional, PTSL Sumenep Tuntas 100 Persen

Pekaaksara

Tampak depan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumenep (Foto:pekaaksara.com)

SUMENEP, pekaaksara.com – Kabar mengembirakan datang dari pulau ujung timur Madura. Pasalnya, Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tahun 2023 tuntas 100 persen.

Bahkan, atas capaian yang luar biasa itu, PTSL di Sumenep menjadi terbaik se Jawa Timur serta menjadi percontohan Nasional.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Sumenep Kresna Fitriansyah melalui Kasi Pengukuran Ach Bahrurrozak mengungkapkan, program PTSL tahun 2023 ini mencakup tujuh desa di 5 Kecamatan se Sumenep.

Tujuh desa itu yakni, Gedang-gedang dan Badur Kecamatan Batu Putih, Pasongsongan Kecamatan Pasongsongan, Keles dan Bukabu Kecamatan Ambunten, Bun Barat Rubaru serta Tambuko Guluk-guluk.

Rozak memaparkan, target program PTSL tahun 2023 di Sumenep ini sebanyak 13.310 tanah besertifikat. “Dari target itu sudah kita selesaikan 100 persen dengan jangka waktu empat bulan. Mulai dari Januari-Mei 2023,” ungkapnya kepada pekaaksara.com, Rabu (05/07/2023).

Capaian itu sesuai target karena kerja serius Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumenep bersama Pemerintah Kabupaten setempat yang terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya tanah besertifikat melalui PTSL.

“Mulai dari pra, perencanaan sampai pengukuran dilakukan dengan baik sehingga masyarakat sangat puas akan program ini. 99 persen ikut PTSL,” ungkapnya.

“Bahkan data-data yang diberikan Pemkab maupun desa sangat sesuai sehingga mulai dari awal sampai percetakan sertifikat lancar,” tambahnya.

Oleh karena itu, di Kabupaten Sumenep pada program serupa akan ditambah dari target tahun ini. Yang semula 13.310 bidang tanah, menjadi sebanyak 30.000 bidang di tahun 2024 dari 55 pengukuran.

“Kita akan ditambah targetnya karena kinerja yang bagus. Semoga terus memberikan yang terbaik untuk Sumenep,” harap pria kelahiran Kabupaten Sampang ini.

Pihaknya ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh tim BPN, Bupati Achmad Fauzi, Sekda Edy Rasiyadi, dan masyarakat Sumenep yang telah ikut serta menyelesaikan program tersebut hingga membuahkn hasil yang bagus.

Kedepan, pihaknya juga akan terus berkolaborasi dengan Pemkab Sumenep guna menyelesaikan program serupa untuk kebaikan Sumenep, Madura.

“Ayo bersama majukan Sumenep dari berbagai sektor, khususnya di program PTSL ini,” pungkasnya.

Diketahui, PTSL adalah salah satu program pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah secara gratis.

Tujuan program PTSL adalah untuk menghindari sengketa serta perselisihan di kemudian hari. (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI