Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Jatim Sebut Layanan Rutan Sumenep Sesuai Harapan

Pekaaksara

Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jawa Timur Imam Jauhari di Rutan Sumenep (Foto:Pekaaksara.com)

SUMENEP, pekaaksara.com – Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur Imam Jauhari menyebut bahwa, segala bentuk pelayanan di Rutan Kelas II B Sumenep, Madura, Jawa Timur, sangat bagus sesuai harapan.

Ungkapan itu Imam Jauhari sampaikan saat Kunjungan Kerja (Kunker) ke rumah tahanan negara dalam rangka memberikan penguatan SDM kepada jajaran satu tingkat dibawahnya itu, Jumat (18/08/2023).

Imam Jauhari mengatakan, pelayanan yang diterapkan rutan kelas II B Sumenep dalam membangun zona integritas sangat menyentuh terhadap warga binaan. Sehingga, mampu mencetak insan yang aktif dan kreatif.

Dia menyebutkan, salah satunya adalah kerajinan batik dan kaos yang hasilnya itu sampai dikenal banyak kalangan. Baik lokal, regional hingga nasional.

“Kita ketahui bersama ya, kreatifitas warga binaan Sumenep mampu dilirik banyak orang,” ujarnya.

Disisi lain, layanan yang dijalankan juga sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) sebagaimana yang telah ditekankan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM RI.

Seperti pendeksi dini terjadinya gangguan Kamtibmas, memberantas narkoba dan sinergitas antara penegak hukum benar-benar dijalankan dengan baik.

Misalnya, penggeledahan kepada pengunjung secara ketat sesuai kearifan lokal serta penyediaan tempat khusus antara laki-laki dan perempuan, juga tempat bermain bagi anak-anak sehingga merasa nyaman saat kunjungan.

Sementara Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) KelasII B Sumenep Ridwan Susilo menyampaikan terimakasih kepada Kakanwil Jatim Imam Jauhari atas masukan yang telah diberikan, sehingga menjadi cambuk semangat bagi dirinya bersama jajarannya terus memberikan pelayanan yang bagus bagi masyarakat khususnya narapidana.

Ridwan sapaan akrabnya, mengaku akan menjalankan aturan sebagaimana seharusnya dilakukan demi kenyamanan dan keamanan sehingga terhindar dari gangguan Kamtibmas di wilayah kerjanya itu.

“Kita siap melaksanakan perintahnya untuk kemaslahatan bersama,” pungkas Ridwan. (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI