Bupati Sumenep Award 2023 Upaya Peningkatan Inovasi Pemerintahan Tingkat Kecamatan hingga Kelurahan

Pekaaksara

Bupati Sumenep Award 2023
Achmad Fauzi Wongsojudo saat menyerahkan piagam penghargaan kepada peraih Bupati Award 2023 (Foto:Pekaaksara.com)

SUMENEP, pekaaksara.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar kegiatan Bupati Sumenep Award 2023 yang melibatkan seluruh Kecamatan dan Kelurahan di pulau ujung timur Madura ini.

Bupati Sumenep Award 2023 terselenggara sejak 25 September sampai 20 Oktober 2023 yang diawali dengan tahapan launching dan sosialisasi.

Penilaian administrasi dimulai pada 26 September – 6 Oktober 2023 oleh tim penilai dari internal maupun eksternal, dengan ketentuan kinerja Camat sangat tinggi dengan penilaian 80-90. Pada penilaian itu ada 8 Kecamatan yang masuk kategori.

Dua Kecamatan dinyatakan sebagai berkinerja baik dengan nilai 70-79. Kinerja sedang dengan nilai 60-69 sebanyak 6 Kecamatan dan yang berkinerja kurang ada 11 dengan nilai 0-49.

Penilaian prestasi dan presentasi merupakan tahap dua, dilakukan pada 9 Oktober-13 Oktober 2023. Seluruh Camat maupun Lurah memaparkan inovasi yang telah dan akan dilakukan kedepan. Kategorinya, asas kebermanfaatan, efektivitas, kebaruan dan keberlanjutan.

Tim penilai kemudian meninjau lapangan dari hasil prestasi dan presentasi tersebut selama tiga hari, yakni dari 16-18 Oktober 2023. Tujuannya untuk mencari kinerja para Camat yang baik dan menentukan lima nominator.

Setelah dilakukan penilaian dan survie lapangan, panitia menentukan beberapa nominator yang dinilai berhak menjadi pemenang. Hadiahnya puluhan juta rupiah.

Bagi juara 1 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp15 juta, piala plus piagam penghargaan. Juara 2 Rp12 juta, piala, sekaligus piagam penghargaan dan juara 3 mendapatkan uang pembinaan Rp10, 5 juta termasuk piala dan piagam pengharagaan.

Sedangkan bagi Lurah peraih juara 1 mendapatkan penghargaan berupa uang Rp12 juta ditambah piala, medali dan piagam penghargaan.

Bagi Camat nominator akan diikutkan Study Tiru ke Sumedang. Daerah tersebut saat ini merupakan peringkat 1 dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE) agar para Camat nominator ini saling tukar pendapat untuk meningkatkan kinerja melalui eletronik sehingga dapat diterapkan untuk kemajuan Sumenep.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setdakab Sumenep, Didik Wahyudi menjelaskan, Bupati Sumenep Award 2023 bertujuan untuk peningkatan kreativitas serta inovasi para Camat maupun Lurah di Kabupaten Sumenep. Juga sebagai bentuk evaluasi kinerja kecamatan (EKK).

“Outputnya, menjadikan sistem pemerintahan yang Akuntabel, responsif dan berintegritas tinggi,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo menyampaikan, acara ini untuk memberikan motivasi kepada para Camat maupun Lurah agar dapat meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kemudian, mereka leluasa dalam berfikir cepat, inovatif, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di sekitar tempat tugas. Sehingga dapat mewakili Kabupaten Sumenep untuk berprestasi.

“Termasuk dengan inovasi itu, dapat memberikan dampak sosial dari berbagai aspek, terutama pada kesejahteraan,” tuturnya.

Mislanya, merubah cara bergeraknya manusia yang langsung dikirimkan ke titik koordinat tanpa harus mendatangi kantor Kecamatan. Itulah kemudian bisa mempengaruhi terhadap sosial dan ekonomi masyarakat.

“Masyarakat tanpa harus ke luar rumah untuk mengurus administrasi misalnya. Dengan inovasi itulah masyarakat terlayani dengan mudah,” jelasnya.

Disisi lain, tugas Camat adalah mendorong Kepala Desa (Kades) di masing-masing wilayah agar bisa berfikir cepat dalam melayani masyarakat, terutama peningkatan SDM.

Berikut Peraih Bupati Sumenep Award 2023:

Juara 1 Kecamatan Talango
Juara 2 Kecamatan Pasongsongan
Juara 3 Kecamatan Pragaan.
Sedangkan tingkat Lurah, diraih oleh Kelurahan Bangselok. (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI