KPU Sumenep Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Kedua Kalinya

Pekaaksara

kpu sumenep
Simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di KPU Sumenep (Foto:Pekaaksara.com)

SUMENEP, pekaaksara.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Acara tersebut berlangsung di halaman Kantor KPU Sumenep, Selasa (30/1/2024) pagi. Turut dihadiri masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Sumenep.

Komisioner KPU Sumenep Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Deki Prasetia Utama menjelaskan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini merupakan kedua kalinya setelah sebelumnya dilakukan di tempat yang sama.

Simulasi ini dalam rangka pemantapan pada pelaksanaan Pemilu 2024 di masing-masing desa hingga Kecamatan di Sumenep.

Termasuk menindaklanjuti surat dinas Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada awal Januari 2024 kemarin.

“Maka dari itu, kita kembali lakukan kegiatan serupa agar semakin mantap nanti di lapangan,” katanya, kepada pekaaksara.com.

Meskipun dengan kegiatan yang sama, ada beberapa serangkaian acara lain yang belum dilakukan sebelumnya.

Simulasi sebelumnya hanya dilakukan khusus pemungutan dan penghitungan suara saja. Kali ini, sekaligus penerapan aplikasi Sirekap. Sirekap merupakan aplikasi yang nantinya dpergukan oleh KPPS untuk meng upload hasil suara pada pelaksanaan.

“Nah, Sirekap ini nanti langsung melaporkan hasil perolehan surat suara saat pelaksanaan dan secara otomatis masuk ke rekap KPU RI,” terangnya.

Termasuk pengaturan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Untuk luasnya 10×8. Namun, kata Deki, bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat di lapangan.

“Bisa tidak menggunakan luas 10×8 sesuai kondisinya. Tapi, jika masih bisa dilakukan dengan ketentuan itu, hendaknya samakan,” ucapnya (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI