Coklit Data Pemilih Pilkada Sumenep 2024 Capai 100 Persen

Pekaaksara

Pilkada Sumenep
Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sumenep Malik Mustafa (Foto:Pekaaksara.com)

SUMENEP, pekaaksara.com – Pencocokan dan Penenlitian (Coklit) data pemilih pada Pilkada Sumenep 2024 telah mencapai 100 persen. Baik E coklit maupun secara manual.

Hal tersebut diungkapkan Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sumenep Malik Mustafa, Selasa (23/7/2024) diruang kerjanya.

“Alhamdulillah selesai sebelum tahapan akhir. Berdasarkan jadwal, masih Rabu 24 Juli 2024 batas akhir coklit,“ kata Malik sapaan akrabnya.

Capaian tersebut merupakan hasil kerja sama baik antara KPU Sumenep, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di masing-masing desa.

Tahapan berikutnya, dari hasil coklit yang dilakukan sejak tanggal 24 Juni itu akan diplenokan ditingkat desa oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk kepentingan Daftar Pemilih Smentara (DPS).

“Setelah DPS, masih ada tahapan lagi sebagai perbaikan data yang disebut dengan DPSHP,“ jelas Malik.

Kemudian, setelah semuanya rampung sesuai dengan data pemilih, maka kembali dilakukan rapat pleno mulai dari tingkat PPS, PPK dan KPU Sumenep sehingga ditetapkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT).

“Semua butuh proses panjang. Semoga terus tak ada kendala di lapangan sampai nanti hari pelaksanaan Pilkada Sumenep 2024,“ harapnya.

Ia menyampaikan banyak terimakasih kepada kepanitian baik tingkat desa hingga kecamatan yang terus memberikan dedikasinya demi menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Termasuk kepada masyarakat yang telah ikut serta berpartisipasi dalam mencocokkan datanya masing-masing sehingga semua berjalan lancar,“ tukasnya (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI