Januari-Mei 2023, Pengguna Program UHC di RSUD Sumenep Capai 1.419 Orang

Pekaaksara

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moh. Anwar Sumenep (Foto:pekaaksara.com)

pekaaksara.com, Sumenep – Pengguna program kesehatan gratis berupa Universal Health Converage (UHC) di Eumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moh. Anwar Sumenep terbilang maksimal.

Sebab, sejak Januari hingga Mei, masyarakat yang telah terdaftar sebagai kepesertaan UHC khusus di Rumah Sakit Plat merah itu mencapai 1.419 orang

“Dari sebanyak 1.419 itu bukan data secara per orangan. Melainkan per KK. Artinya, ketika ada keluarga dalam satu KK itu sakit, otomatis semua yang ada di KK kita daftarkan,” terang Direktur RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep dr. Erliyati, Jumat (5/5).

Lebih lanjut Erli memaparkan, tujuan didaftarkannya UHC secara otomatis dalam satu KK, nantinya akan lebih mempermudah untuk mendapat pelayanan gratis melalui program tersebut.

“Artinya, masyarakat yang sudah didaftarkan secara otomatis, ketika menjalani perawatan di RSUD, tidak perlu lagi mendaftar. Karena sebelumnya sudah kita daftarkan. Hanya cukup menunjukkan KTP sudah bisa langsung dilayani secara gratis,” jelasnya.

Sementara untuk masyarakat yang mendaftar kepesertaan UHC dengan menjalani rawat inap langsung di RSUD, mencapai 485 orang.

“Data itu khusus yang langsung menjalani perawatan ke RSUD. Bukan yang melalui rujukan dari fasilitas kesehatan di luar rumah sakit ini,” paparnya.

Dan bagi masyarakat yang tidak terdaftar UHC melalui RSUD, saat ingin menjalani perawatan dengan menggunakan UHC di RSUD harus menunjukkan surat rujukan dari Puskesmas atau dokter keluarga.

“Bukan berarti dibedakan, tetapi secara aturan begitu. Masyarakat tetap menadapat pelayanan gratis setelah didaftarkan UHC di RSUD,” kembali menjelaskan.

Diketahui, program UHC dilaunching pada 31 Oktober 2022, tepatnya peringatakan Hari Jadi Sumenep ke 753.

UHC merupakan fasilitas kesehatan gratis bagi masyarakat umum. Termasuk bagi warga di pulau ujung timur Madura ini.

Dan program itu diluncurkan, sebagai bentuk kepedulian Bupati Sumenep Achmad Fauzi terhadap masyarakatnya. (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI