Di UNPAD, Menteri AHY Ungkap Capaian Sertifikat Tanah Elektronik yang Meningkat 46 Kali Lipat

Pekaaksara

UNPAD
Menteri AHY saat memberikan kuliah umum di UNPAD (Foto:Humas Kementerian ATR/BPN)

BANDUNG, pekaaksara.com– Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan kuliah umum di Universitas Padjadjaran (UNPAD) pada Kamis (19/9/2024).

Di hadapan para mahasiswa, Menteri AHY mengungkapkan capaian sertifikat tanah eletronik yang meningkat 46 kali lipat dalam jangka waktu tujuh bulan atas kerja sama Kementerian ATR/BPN di seluruh Kantor Pertanahan se Indonesia.

” Hampir semua Kantor Pertanahan se Indonesia sudah mampu menyelenggarakan administrasi termasuk sertifikasi elektronik,” kata Menteri AHY.

Dektahui bahwa Sertifikat Tanah Elektronik diterapkan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di sejumlah negara. Dengan begitu, pengelolaan pertanahan di Indonesia telah berstandar dunia.

Sertifikat Tanah Elektronik pun memiliki banyak keuntungan bagi masyarakat, seperti meminimalisir risiko kehilangan, terbakar, pencurian, serta kerusakan akibat bencana alam, tidak mudah diduplikasi sehingga bisa mempersempit ruang gerak mafia tanah.

“Belum sepenuhnya sempurna. Dibutuhkan peran serts mahasiswa dan masyarakat umun agar turut serta dalam penyempurnaan dan peningkatan layanan pertanahan elektronik di Indonesia,” ujarnya.

Plt. Rektor UNPAD, Arief S. Kartasasmita mengatakan bahwa, kehadiran Menteri ATR/Kepala BPN adalah kesempatan berharga bagi para mahasiswa.

“Mahasiswa kami tentu harus mendapat pencerahan bahwa tidak semua teori yang ada bisa sesuai dengan keadaan di lapangan,” ucapny.

Turut hadir pada kegiatan ini, anggota Komisi I DPR RI, Anton Sukartono Suratto, serta jajaran civitas akademika UNPAD (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI