Setiap Tahun, Festival di Sumenep Akan Dimeriahkan Jaran Serek

Pekaaksara

Penampilan jatan serek di kalender event Sumenep 2023 (Foto:pekaaksara.com)

pekaaksara.com, Sumenep – Setiap festival di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan dimeriahkan jaran serek.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Hal itu juga sebagaimana permintaan dari para paguyuban jaran serek di pulau ujung timur Madura ini.

“Mereka (paguyuban jaran serek.red) berharap agar dimasukan terkait jaran ini disetiap pagelaran di Sumenep,” ujar Bupati Fauzi di festival jaran serek, Sabtu (27/5).

Ini kemudian, terang Fauzi, menjadi spirit tersendiri baginya untuk melibatkan paguyuban jaran serek pada setiap momentum termasuk pagelaran kalender event di Sumenep.

Hal itu terbukti bahwa, partisipasi paguyuban jaran serek sangat hebat dan kuat.

“Setiap event dan pagelaran apapun, ada keterlibatan seluruh paguyuban. Ini yang kita harapkan selama ini,”terang Fauzi.

Keterlibatan jaran serek sangat penting, karena salah satu bagiaj dari tradisi yang sudah ada sejak lama.

Dengan jaran serek ini, diharapkan memberi edukasi kepada masyarakat terutama pemilik jaran serek agar terus berkolaborasi dalam memelihara dan merawat tradisi yang ada.

Menurut dia, di Sumenep banyak warga punya jaran yang bisa menari atau skill yang sudah terlatih.

“Generasi muda harus paham ini. Tradisi ini harus dijaga dan dirawat sebagai bentuk kepedulian kita terhadap warisan nenek moyang,” jelasnya.

Baca Juga : Lestarikan Budaya Sumenep Festival Jaran Serek Digelar

Baca Juga : Paras Cantik dan Kelincahan Penari Festival Jaran Serek Sumenep Pincut Perhatian Pria Lajang

Pemerintah Kabupaten Sumenep, sukses menggelar festival ‘Jaran Serek’, Sabtu (27/5). Jaran serek merupakan serangkaian kegiatan dari festival Kalender event Sumenep 2023.

Pagelaran Jaran Serek berlangsung di Lapangan Giling, Kota Sumenep. Sebanyak 200 Jaran Serek itu dibentuk dengan pawai start Lapangan Giling finish depan Pendopo Keraton Sumenep dengan iringsn musik tradisional (saronen).

Sebelum pawai, festival tersebut menyuguhkan penampilan tarian, seperti tari Gambuh dan tarian  khas Sumenep lainnya. Pagelaran tersebut dihadiri ribuan pengunjung. (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI