Kirab Merah Putih Raksasa Warnai JJS Madura Culture Festival

Pekaaksara

Kirab merah putih JJS Madura Culture Festival

SUMENEP, pekaaksara.com – Bendera merah putih berukuran raksasa 78 meter akan diarak di jalan utama Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada 27 Agustus 2023.

Kegiatan yang berpadu dalam Kirab Merah Putih itu merupakan gagasan Cak Fauzi, dikordinir Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Asosiasi Kepala Desa (AKD) dengan melibatkan seluruh kepala desa daratan beserta perangkatnya.

Kirab akan dimulai dari Kirab akan mengambil start di depan KONI menuju arah barat (PLN) – Jl. Lontar – Jl. KH Mansyur – Jl. Payudan Tengah – Finish KONI.

Lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan perjuangan akan mengiringi langkah mereka sepanjang 2,5 kilometer sembari mengusung bendera pusaka Merah Putih untuk mambangkitkan semangat Kemerdekaan 78 ” Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo menyebutkan, festival kirab merah putih merupakan tradisi luar biasa di Sumenep. Dirinya mengajak seluruh warga Sumenep untuk terus menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indinesia (NKRI).

Agenda yang melibatkan seluruh elemen termasuk Pemdes dan Asosiasi Kepala Desa (AKD) daratan se Kabupaten Sumenep diadakan untuk menjaga rasa kebangsaan dan persatuan semua warga indonesia, terutama yang ada di Sumenep.

Kegiatan ini, kata Cak Fauzi, sekaligus menyampaikan pesan dari Sumenep untuk Indonesia yang damai, guyub, dan penuh kebersamaan.

“Saya harap semangat Merah Putih, Bhinneka Tunggal Ika, tidak hanya di bibir, tidak sekadar di dada, tetapi di jiwa dan pikiran kita semua,” kata Cak Fauzi, Kamis (24/08/2023).

Dan kirab yang akan dilaksanakan itu menjadi bentuk ekspresi kegembiraan dan kebanggaan pada lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia. (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI