Disdik Sumenep Jaring Talenta Siswa SD Lewat ISCO

Pekaaksara

Isco Disdik Sumenep
Siswa SD saat mengikuti ISCO yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep

SUMENEP, pekaaksara.com – Banyak cara yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, dalam menumbuhkan talenta siswa Sekolah Dasar (SD). Salah satunya dengan pagelaran Intelegence Studen Competition (Isco) oleh Dinas Pendidikan (Disdik) setempat.

Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep Ardhi Ali Shocibi menjelaskan, ISCO merupakan kegiatan yang sudah berjalan sejak tahun 2022 lalu hingga saat ini. Namun, meskipun sama kegiatan tapi berbeda dari segi kemasannya.

Jika tahun 2022 bentuknya berupa cerdas cermat, tahun ini lebih kepada eksperimen atau langsung uji coba secara nalar. “Artinya, untuk tahun ini kemasannya itu siswa langsung uji coba dengan apa yang sudah diajarkan sebelumnya. Fokus materinya Matematika dan IPA,” terangnya, Senin (02/10/2023) kepada pekaaksara.com.

“Kalau tahun sebelumnya kan ada keagamaannya, untuk tahun ini fokusnya ke Matematika dan IPA,” jelasnya.

Cakupan ISCO tersebut, lebih jauh dia memaparkan, tingkat Kabupaten dimana sebelumnya telah dilakukan seleksi ketat di masing-masing Kecamatan. Setiap Kecamatan ada 10 Siswa SD yang terseleksi. Rincian, 5 peserta Matematika dan 5 IPA.

Setelah dinyatakan lolos di tingkat Kecamatan, kemudian dikirim ke Kabupaten untuk kembali diseleksi secara lebih ketat dari tingkat Kecamatan. Dari ratusan peserta seleksi tingkat Kecamatan, yang lolos ke Kabupaten hanya ada 30 siswa SD.

Nantinya, dari 30 siswa tersebut kembali di seleksi sehingga terpilih 10 orang untuk diikutkan ke ajang yang lebih tinggi lagi, seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada November 2023 mendatang.

“Jadi, seleksi kali ini persiapan untuk OSN itu,” paparnya.

Setelah ditetapkan 10 peserta terbaik akan terus dilakukan pembinaan secara matang, mulai dari materi yang akan diujikan nanti saat OSN.

“Kita akan didik mereka dengan sebaik-sebaiknya, termasuk eksperimen untuk IPA dan Eksplorasi khusus Matematika. Semoga Sumenep terus harum dari segi pendidikannya setelah sebelumnya juara 3 di tingkat Nasional lomba Matematika,” tukasnya. (*)

(man) 

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI