Benarkah Lendhu Sagara Tidak Tampil Lagi di Festival Tong-tong se Madura Tahun Berikutnya

Pekaaksara

Lendhu Sagara
Tong-tong Lendhu Sagara, Ambunten, Sumenep (Foto:Lendhu Sagara for Pekaaksara.com)

SUMENEP, pekaaksara.com – Cuitan disebuah akun TikTok @zainfs05 menyebutkan, lebih baik Tong-tong Lendhu Sagara gak usah ikut lomba di Sumenep karena tidak ada namanya. Yang ada hanya lainnya.

“Padahal semua penonton menyaksikan sendiri saat Lendhu Sagara beraksi. Sesudah LS bermain semua penonton hilang lalu tak ada, apa itu kurang jelas bro,” tulis akun TikTok @zainfs05.

Sementara Ketua Tong-tong Lendhu Sagara, Sahnan mengatakan bahwa musik kebanggaannya itu diusahakan tetap tampil di festival Tong-tong se Madura di Sumenep tahun berikutnya.

“Kalau yang di TikTok itu mungkin orang-orang yang tak terima pak,” katanya, Kamis (19/10/2023) kepada pekaaksara.com.

Kata dia, baginya, seniman adalah jiwa yang tidak boleh maju mundur. Apapun yang terjadi, baginya harus terus berkomitmen.“Sudah kepalang basah mending nyemplung sekalian,” tuturnya.

Menurutnya, pagelaran tersebut sangat bagus. Apalagi direncanakan akan dibagi dua kategori untuk berikutnya. “Kalau saya pribadi bagus pak. Tidak tau dengan grup lain,” katanya.

BACA JUGA : Festival Tong-tong di Sumenep Akan Dibagi Dua Kategori untuk Berikutnya

Diketahui sebelumnya, Festival Tong-tong se Madura di Kabupaten Sumenep, sukses digelar tadi malam, Sabtu (14/10/2023).

Festival dalam rangkaian Hari Jadi Sumenep ke 754 itu diikuti sebanyak 40 grup dari 3 Kabupaten di Madura. Sumenep 33, sisanya Pamekasan dan Sampang.

Berlangsung mulai pukul 19.00 WIB selesai sekitar pukul 05.00 WIB. Acaranya berlangsung sukses dan meriah. Bahkan mampu menyedot ribuan penonton.

Berdasarkan hasil penilaian panitia, satu diantara peserta lainnya, Tong-tong nomor urut 8 Angin Ribut asal Kecamatan Pasongsongan meraih juara umum.

Hal tersebut ditetapkan berdasarkan berita acara Nomor: 08/X/FKPPI/2023, Minggu 15 Oktober 2023 pukul 07.11 WIB

Aansemen terbaik non ranking

Angin Ribut, Barong Ireng, Laskar Madura, Gelora Pesisir, Putra Siding Puri.

Penyaji terbaik non ranking:

Gong Mania, Angin Ribut, Terrak Saghere, Laskar Madura, Lendhu Sagere, Singo Ireng, Gelora Pesisir, Sabda Alam, Branjangan, Putra Siding Puri.

Dekorasi terbaik non ranking:

Gong Mania, Angin Ribut, Sekar Kedaton, Barong Ireng, Lendhu Sagere, Singo Barong, Gelora Pesisir, Sabda Alam, Peccot Ngamox, Gita Laras.(*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI