Kelompok Disabilitas Desa di Situbondo Dilibatkan dalam Pelipatan Hingga Penyortiran Surat Suara Pemilu 2024

Pekaaksara

Kelompok Disabilitas Desa
Kelompok Disabilitas Desa di Situbondo saat melipat dan menyortir surat suara

SITUBONDO, pekaaksara.com –  Kelompok Disabilitas Desa (KDD) diKabupaten Situbondo, Jawa Timur, turut dilibatkan dalam pelipatan hingga penyortiran surat suara Pemilu 2024 mendatang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Pelipatan sekaligus penyortiran surat suara itu berlangsung di gudang logistik KPU Situbondo, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, setempat.

Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Situbondo, Fairul Laili mengatakan, kelompok disabilitas berhak terlibat dalam Pemili termasuk pelipatan dan penyortiran agar lebih inklusif.

“Mereka sangat antusias, ada yang bertugas melipat, pula kardus kotak suara,” terangnya, Jumat (12/1/2024).

Setelah melakukan tugas masing-masing, KDD tersebut diberi upah Rp200 bagi yang melipat surat suara Presiden dan Wakil Presiden, Rp250 ribu surat suara lainnya.

Menurut laili, hasil kinerja KDD sangat memuaskan. Rapi dan sesuai dengan apa yang ditugaskan oleh KPU.

Sementara itu, salah seorang KDD Situbondo, Anita mengaku sangat senang dilibatkan dalam hal ini. Bagi dia dan lainnya, menjadi sebuah penghargaan yang luar biasa. Disamping mendapat upah, banyak teman dan bisa membantu KPU.

Pelipatan surat suara dilakukan setiap hari, start pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Pertama dimulai pada Minggu, 7 Januari dan berakhir Rabu, 11 Januari. Sekitar dua pekan berlangsung.

Project Officer Program Inklusi KDD Situbondo, Yusi Putri Lailatul Musyarofah, menyampaikan banyak terimakasih kepada KPU yang telah melibatkan KDD dalam hal tersebut.

Kata dia, meskioun secara fisik berbeda dengan dengan diluar sana, untuk kerja tidak bisa diragukan karena telah terlatih baik sebelumnya.

Ia pun berharap, agar KPU tidak hany melibatkan kelompok tersebut cukup sampai disini saja. Melainkan kegiatan lain yang tentu positif sangat penting untuk terus dilibatkan.

Diketahui, sebanyak 514.814 warga Situbondo tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024 mendatang.(*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI