Ribuan Pemudik Terlayani Mudik Gratis di Pelabuhan Kalianget

Pekaaksara

Kalianget
Pemudik berangkat dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep (Foto:Pekaaksara.com)

SUMENEP, pekaaksara.com – Ribuan pemudik asal kepulauan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terlayani mudik gratis dari Pelabuhan Kalianget, setempat.

Program tiket mudik gratis yang digagas oleh Pemkab Sumenep ini menggunakan kapal dari Pelabuhan Kalianget. Manfaatnya sangat dirasakan oleh warga.

Berdasarkan data Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Sumenep, manfaat mudik gratis sudah dirasakan oleh sebanyak 4.100 orang dari 17 trip yang telah dilaksanakan.

“Data itu sejak dimulai pada 26 Maret 2024 hingga 2 April,” kata Yayak, Kamis, (4/4/2024).

Menurut Yayak, sejauh ini lonjakan pemudik di pelabuhan Kalianget belum begitu terlihat, meskipun sudah ada peningkatan dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Meski begitu, dirinya memprediksi lonjakan penumpang kapal dari pelabuhan Kalianget ke sejumlah kepulauan di Sumenep, seperti ke Masalembu, Kangean, Sapeken, Sapudi, dan Raas, akan terus meningkat dalam beberapa hari ke depan.

Pemkab Sumenep masih menyiapkan 12 trip lagi untuk program tiket mudik gratis.

Sebelumnya, Pemkab Sumenep memfasilitasi tiket mudik gratis bagi warga kepulauan menjelang lebaran Idul Fitri 2024.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo berharap fasilitas tiket mudik gratis ini bisa menekan beban biaya perjalanan serta bermanfaat bagi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halamannya di momen Idul Fitri 2024 (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI