Kabupaten Sumenep Tampilkan Potensi Desa Semaan pada Festival Dewi Cemara Jatim, Berhasil Memukau

Pekaaksara

Dewi Cemara
Penyerahan penghargaan bagi pemenang pada Ajang Dewi Cemara Provinsi Jatim 2024 (Foto:Pekaaksara.com)

SUMENEP, pekaaksara.com – Sebagai kabupaten yang masyhur akan kemajuan destinasi pariwisatanya, Sumenep, Madura, juga dikenal dengan kabupaten sejuta inovasi dan segudang prestasi gemilang.

Terbaru, daerah yang terletak di ujung timur Pulau Madura ini mengharumkan nama kota keris di Ajang bergengsi Desa Wisata Mandiri Sejahtera (Dewi Cemara) Pekan Kebudayaan Daerah 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan Pemrov Jatim, mulai tanggal 3-4 Agustus 2024 dengan diikuti 38 Kabupaten/Kota se Jawa Timur ini, Sumenep meraih dua penghargaan memukau. Yaitu, sebagai sepuluh besar stand dan penyaji virtual tour terbaik se Jawa Timur.

Perlu diketahui, Dewi Cemara merupakan program besutan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jawa Timur. Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, terpilih untuk mewakili kota keris karena dinilai memiliki potensi wisata yang unik dan menarik.

Yang ditampilkan adalah potensi wisata Desa Semaan, berupa tari topeng sekaligus ditampilkan mulai dari proses pembuatan hingga sejarahnya, Tradisi Gellung Malang, Dara Oddak, wisata somber Kacceng dan Bato cenning.

Disisi lain dalam festival tersebut, Sumenep juga turut memamerkan berbagai produk dalam pameran Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) Desa Semaan. Produk yang dipamerkan diantaranya, kuliner, hingga berbagai jenis hasil keterampilan tangan lainnya.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, Festival Dewi Cemara ini dirancang sebagai wadah untuk para pelaku desa wisata se-Jawa Timur untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman. Melalui program tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan masyarakat pelaku desa wisata khususnya di Sumenep.

“Dengan program itu, kita bisa menambah wawasan luas bagaimana kemudian untuk mengembangkan berbagai destinasi wisata yang kita miliki,“ ujarnya, Minggu (4/8/2024) kepada pekaakaara.com.

Dirinya berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi wisata di Sumenep, guna menjadi salah satu daerah tujuan para wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Kami terus berupaya mencapai itu. Kenapa, ketika wisata Sumenep bagus dan banyak kunjungan, maka perekonomian terus meningkat,“ terangnya.

Menurutnya, keberhasilan yang didapatkan oleh Desa Semaan merupakan wujud nyata kesuksesan gotong royong masyarakat untuk memajukan daerahnya. Tentu hal ini bisa menjadi salah satu contoh dan motivasi terhadap desa-desa lainnya di Sumenep agar bisa meniru yang dilakukan oleh desa tersebut.

“Terimakasih masyarakat Desa Semaan dan semuanya atas kerja sama baiknya untuk kemajuan daerah ini,“ tukasnya.

Sebagai informasi, penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kabid Pariwisata Disbudporapar Sumenep, Andre Zulrkain di Ngawi (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI