48 Pasang Sapi Karapan Sumenep Rebut Tiket Piala Presiden 2024

Pekaaksara

Sapi Karapan Sumenep
Lomba karapan sapi Sumenep Bullrace Championship 2024 di lapangan Kecamatan Bluto (Foto:Pekaaksara.com)

SUMENEP, pekaaksara.com – Lomba Karapan Sapi menyambut Piala Presiden RI 2024 yang berlangsung di Lapangan Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Madura, resmi digulirkan, Rabu (14/8/2024).

Sebanyak 48 pasang sapi karapan dari wilayah kepulauan maupun daratan turut ambil bagian merebut tiket menuju ajang bergengsi tersebut.

“Karapan sapi ini digelar, sebagai upaya untuk melestarikan khazanah budaya Madura,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Edy Rasiyadi.

Di samping itu juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di kabupaten Sumenep.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan bahwa, pagelaran ini menjadi ajang persahabatan antar penggemar sapi karapan di ujung timur pulau Madura ini.

Menurutnya, Sumenep merupakan daerah pencetak bibit sapi karapan terbanyak. Dan menjadi salah satu daerah yang terus komitmen dalam pelestariannya.

“Patut kita banggakan Sumenep sebagai pencetak bibit sapi karapan. Oleh karena itu, harus dijaga dan dilestarikan bersama-sama,” ujarnya.

Dengan ajang ini, diharapkan mampu menyedot kunjungan dari berbagai wilayah di Indonesia guna mendongkrak pariwisata Sumenep.

Ia menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini. Diharapkan tetap menjaga kondisifitas serta sportifitas menuju Piala Presiden RI 2024 berkualitas.

“Buktikan jika sapi karapan Sumenep terbaik,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Karapan Sapi Sumenep Bullrace Championship, Candra Wijaya memaparpan, 48 pasang sapi tersebut akan beradu kecepatan lintasan 201 meter.

Sistem lomba dalam Karapan Sapi ini dibagi menjadi dua golongan, yakni menang atas dan menang bawah. Tiga golongan menang atas dan tiganya lagi golongan menang bawah.

“6 pasang sapi itu berhak melaju ke babak final untuk memperebutkan juara 1, 2, 3 menang atas, serta juara 1, 2, 3 golongan menang bawah,” jelasnya (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI