Job Fair 2024 Sumenep Buka Ribuan Loker, Penempatan Lokal hingga Luar Negeri

Pekaaksara

Job Fair 2024
Para pencari kerja melalui Job Fair 2024 (Foto:Pekaaksara.com)

SUMENEP, pekaaksara.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, Madura, menghadirkan 8.431 lowongan kerja (Loker) bagi masyarakat kota keris.

Sumenep Job Fair 2024 ini digelar oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) setempat, dalam menekan angka tingkat pengangguran terbuka (TPT). Berlangsung selama satu hari.

Kepala Disnaker Sumenep Heru Santoso menjelaskan, ribuan lowongan kerja itu berasal dari 33 perusahaan, baik Sumenep hingga luar negeri, seperti Korea Selatan, Jepang, Jerman dan Arab Saudi dengan beragam pekerjaan yang ditawarkan, mulai dari administrasi perkantoran, sales marketing hingga tenaga medis.

“Nanti untuk penempatannya ada yang di Sumenep dan ada yang di luar Sumenep bahkan luar negeri. Untuk yang luar negri gajinya bisa mencapai di atas Rp 35 juta per bulan,” terangnya.

Gelaran Job Fair 2024 berangkat dari harapan masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Sebab, dirinya mendapati beberapa masyarakat mengaku tidak mudah dalam menemukan pekerjaan. Sementara di sisi lainnya, sejumlah perusahaan juga mengaku kesulitan mendapatkan karyawan di Sumenep.

“Kita hadirkan kegiatan ini untuk saling melengkapi antara masyarakat dengan pemilik perusahaan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menyampaikan bahwa, Job Fair merupakan salah satu upaya menuntaskan jumlah pengangguran terbuka di Kabupaten Sumenep, yang kini berada di angka 1,61 persen.

Meski terendah di Jawa Timur, tetap menjadi persoalan yang perlu untuk diatasi secara serius. Beberapa upaya lainnya adalah pemberdayaan, kewirausahaan, pelatihan dan lain sebagainya.

“Kita komitmen untuk selalu menekan angka pengangguran di Sumenep,” tegasnya.

Ratih yang merupakan salah satu pelamar kerja di Job Fair menyambut baik gelaran Job Fair 2024 yang digagas Disnaker Sumenep. Menjadi kesempatan besar yang selama ini merasa kesulitan mendapatkan informasi lowongan kerja.

“Ini baru pertama kali mencoba daftar di Job Fair, semoga sukses,” tukasnya (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI