4 Puskesmas di Sumenep Terakreditasi Paripurna

Pekaaksara

Akreditasi puskesmas di sumenep
Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes dan KB Sumenep Syaiful Anwar (Foto:Pekaaksara.com)

SUMENEP, pekaaksara.com – 4 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, telah mendapatkan nilai sangat baik yaitu akreditasi paripurna dari pemerintah pusat melalui Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Keluarga Berencana (KB) Sumenep, Syaiful Anwar memaparkan, 4 Puskesmas itu yakni Saronggi, Pasongsongan, Rubaru dan Guluk-guluk.

Akreditasi Paripurna yang diterima empat Puskesmas tersebut berbeba waktu. Saronggi telah mendapatkan akreditasi tersebut pada September 2023. Sedangkan Puskesmas Pasongsongan, Rubaru dan Guluk-guluk pada Oktober ini.

Dia menjelaskan, terdapat beberapa kriteria untuk memperoleh akreditasi paripurna itu. Diantaranya adalah, fasilitas bangunan mendukung, pelayanan terhadap masyarakat maksimal seperti yang tertera di lima bab. Dari masing-masing bab itu harus mencapai cakupan 80 persen.

Kemudian, sebagaimana diatur dalam keputusan Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Nomor HK. 02.02/I/3991/2022 tentang petunjuk teknis survie akreditasi pusat kesehatan masyarakat, klinik, laboratorium kesehatan, unit tranfusi darah, tempat praktik mandiri dokter dan tempat praktik mandiri dokter gigi.

“Alhamdulillah, 4 Puskesmas telah memenuhi itu sehingga layak menyandang akreditasi paripurna,” katanya, Rabu (04/10/2023) kepada pekaaksara.com.

Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Keluarga Berencana (KB) Sumenep menargetkan seluruh Puskesmas memiliki akreditasi paripurna di tahun ini.

Pihaknya mengaku, terus memberikan bimbingan secara terus menerus agar yang diharapkan tercapai. Sehingga, lanjutnya, dengan diraihnya akreditasi paripurna dari segi pelayanan kesehatannya sudah maksimal bagi masyarakat.

“Kita targetkan hingga akhir tahun 2023 ini seluruh Puskesmas di Sumenep menerima akreditasi baik itu,” ujarnya.

Pihaknya menekankan supaya seluruh Puskesmas terus memaksimalkan pelayanan yang terbaik agar target paripurna dicapai dengan baik dan sempurna.

Sebagaimana juga harapan Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo yang terus menekankan agar aspek kesehatan terus berjalan baik di bumi Sumekar ini.

“Mari bersama-sama berikan yang terbaik bagi masyarakat dan Kabupaten Sumenep yang kita cintai ini,” tukasnya. (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI