2023, Kuota Keberangkatan CJH di Sumenep Sebanyak 767 Orang

Pekaaksara

Kasi PHU Kementrian Agama Sumenep Abd. Wasid (foto:pekaaksara.com)

pekaaksara.com,Sumenep – Kuota keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tahun ini sebanyak 767 orang.

“Kuota ini berdasarkan kouta Jawa Timur,” terang Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementrian Agama Sumenep Abd. Wasid, Jumat (24/3) saat ditemui di ruang kerjanya

Wasid memaparkan, dari sebanyak 767 CJH itu,  sebanyak 360 orang lunas tunda atau tidak bisa berang pada tahun 2020/2022 kemarin.

Kemudian 380 Cjh berdasarkan nomor urut porsi, 57 Cjh masuk kouta prioritas Lanjut Usia (Lansia).

Dan ada 86 masuk kuota cadangan yang dipersiapkan sebagai pengganti apabila CJH tidak bisa melunasi karena meninggal dan atau lainnya. Dengan syarat, berkenan ditempatkan di kloter manapun.

Jika nanti ada yang tidak melakukan pelunasan atau ada alasan lain, maka secara otomatis akan digantikan Cjh cadangan berdasarkan nomor urut porsi.

“Artinya, misalkan yang lansia meminta pendamping dari keluarganya, itu tidak bisa. Semuanya disesuaikan dengan nomor porsi,” jelasnya

Untuk biaya pelunasan lanjut Wasid, masih belum memastikan secara detail. Sebab, pihaknya mengaku masih menunggu Kepres untuk itu.

Pihaknya pun sebelumnya mengaku sempat menyampaikan terkait biaya haji tahun ini yang mencapai Rp90 juta sekian yang terdiri dari PPIH dan hasil dana manfaat. Untuk berapa biaya PPIH dan hasil dana manfaat itu masih menunggu Kepres.

Meski begitu, pihaknya tetap mengimbau kepada calon jemaah haji (Cjh) di Sumenep agar mempersiapkan biaya pelunasan untuk keberangkatan haji tahun 2023 ini.

Vaksin 1 dan 2 tetap menjadi prasayarat bagi Cjh untuk melaksanakan keberangkatan haji tahun ini. (Red)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI