Sumenep Punya Cengkeh Berkualitas Bagus, per Musim Capai 25-30 Ton

Pekaaksara

Sumenep
Cengkeh (Foto: istimewa Halosehat)

SUMENEP,pekaaksara.com – Kabupaten Sumenep merupakan daerah yang terletak di ujung timur Pulau Madura, Jawa Timur. Selain dikenal dengan potensi wisata, sejarah dan budaya, ternyata juga memiliki cengkeh.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep, Chainur Rasyid saat tamu kangen bersama ratusan petani se Sumenep.

Dia mengatakan bahwa, cengkeh tersebut berada di Pulau Masalembu yang secara kualitas tak kalah bagus dengan cengkeh Zansibar di Maluku. Cengkeh itu ditanam petani di dataran rendah. Setiap panen, lanjutnya, bisa mencapai 25 sampai 30 ton per musim.

Selain cengkeh, Sumenep juga mempunyai banyak varietas unggulan seperti bawang, siwalan, tembakau, patthek, dan jenis varietas lainnya.

Dari masing-masing varietas tersebut, kata Chainur Rasyid, dapat dijadikan bermacam bahan yang bermanfaat, baik minuman khas seperti jamu tradisional dan makanan ringan.

“Ini keunggulan yang bisa memberikan manfaat baik terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di kota keris,” ujarnya.

Sementara keunggulan varietas bawang sendiri, dikemas dengan bawang goreng, yang kini banyak diminati masyarakat luas bahkan pengirimannya tembus Jawa Barat, Kalimantan dan bahkan Belanda.

“Yang Belanda, dikontrak mencapai 400 ribu Dolar AS,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo bersyukur akan kekayaan potensi di wilayahnya yang kini tembus internasional. Meski begitu, kata dia, perlu dikemas bahkan dikembangkan secara maksimal guna menembus pasar global.

“Tentu penuh tantangan pasar dalam menembus pasar hlobal. Semua itu bisa kita capai dengan semangat kolaborasi bersama-sama,” ucapnya.

Potensi tersebut harus dirawat bahkan dikembangkan oleh masyarakat di Masalembu. Sebab, cengkeh diperlukan oleh pabrik sebagai bahan campuran rokok agar lebih nyaman dan harum.

“Potensi ini harus kita jaga dengan baik karena bisa menjadi penghasilan bagi masyarakat,” tukasnya (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI