Kafilah Sumenep Optimis Duduki Peringkat 10 MTQ Jatim 2023

Pekaaksara

Kabag Kesra Setdakab Sumenep Kamiluddin (Foto:Pekaaksara.com)

SUMENEP, pekaaksara.com – Kafilah asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, diyakini mampu menduduki peringkat 10 pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Jawa Timur, yang akan digelar di Kota Pasuruan pada Oktober 2023 mendatang.

Keyakinan itu seiring dengan semangat para kafilah yang sudah digembleng sedemikian rupa oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Kafilah Sumenep berada di posisi 14 dari 38 Kabupaten/kota se Jawa Timur, pada pagelaran serupa di tahun sebelumnya. Tahun ini, diyakini mampu merebut posisi ke 10.

Kafilah Sumenep sebanyak 48 peserta dan 1 orang cadangan dari seluruh cabang lomba MTQ Jatim 2023. Mereka merupakan peserta yang lolos pada seleksi MTQ tingkat Kabupaten tahap 2.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Setdakab Sumenep Kamiluddin mengatakan, keyakinan itu tidak hanya sesumbar. Melainkan, persiapan maksimal dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

Persiapan matang yang dilakukan waktu itu adalah, proses seleksi yang ketat dari masing-masing penjuru di Kabupaten Sumenep.

Ditambah dengan pembinaan secara kolektif selama empat hari yang dilakukan oleh Dewan Hakim MTQ Jatim dan Sumenep. “Kafilah kita diasah kemampuannya,” katanya, Rabu (23/08/2023).

Kemudian bimbingan secara intens oleh masing-masing pembina selama dua tahap, yag dibagi per cabang lomba selama tiga hari.

“Kalau melihat dari kematangan, tahun ini sepertinya lebih maksimal. Semangat kafilah kita terus tumbuh untuk membawa nama baik Sumenep,” ungkapnya.

Apa yang menjadi target tahun ini selain suatu keharusan, dibalik itu ada hal lebih penting yakni sebagai sarana membumikan al quran dan menyebar luaskan agama Islam.

“Target harus ada, tapi yang paling utama adalah ini sebagai sarana membumikan alquran dan penyebaran syiar islam,” jelasnya. (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI