Festival Tan Pangantanan dan Kijang Kotak di Sumenep Angkat Perekonomian

Pekaaksara

Para pelaku usaha meriahkan Festival Tan pangantanan dan Kijang kotak di Pantai Lombang (Foto:pekaaksara.com)

pekaaksara.com, SumenepFestival Tan pangantanan yang terselenggara di destinasi Wisata Pantai Lombang, Kecamatan Batang-batang, Sumenep, Madura, mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar.

Terbukti, puluhan pelaku usaha di wilayah tersebut ikut serta memeriahkan dengan berjualan di sekitar destinasi wisata.

Festival Tan pangantanan yang diikuti 34 lembaga TK dan Raudhatul Atfal (RA) se Sumenep itu merupakan serangkaian acara Kalender Event 2023.

Salah satu pelaku usaha setempat Suhainiyah mengaku senang diselenggarakannya festival ini karena pihaknya bisa berjualan sehingga meningkatkan perekonomiannya.

Sejak ia berjualan di acara ini, pendapatannya meningkat dari hari biasanya. Ketika di hari-hari biasanya pendapatnnya mulai Rp500 ribu meningkat menjadi Rp1 juta lebih.

“Sangat membantu kepada saya khususnya termasuk pelaku usaha yang lainnya,” tuturnya, Minggu (14/5).

Pelaku usaha tidak hanya warga sekitar. Akan tetapi juga ada yang dari luar Sumenep, seperti Sampang yang sudah berjualan di wisata Lombang H-2 acara.

Festival Tan panganantanan yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bertujuan untuk merawat tradisi lokal.

Tan pangantanan melibatkan siswa tingkat Taman Kanak-kanak dan RA se Sumenep. Terselenggara di destinasi Wisata Pantai Lombang, Batang-batang, Sumenep, Minggu (14/5).

Ada sebanyak 34 lembaga. Rincian, 27 tingkat Taman Kanak-kanak dan 7 delegasi Raudhatul Atfal.

Tan pangantanan dikonsep kirab layaknya pengantin saat lamaran. Peserta berjalan kaki dari depan Ponpes Al – Akbar Santoso menuju Pantai Lombang. Peserta tampak sumringah mengikutinya sembari menyanyikan ‘Dhe’ Nong Dhe’ Ne’ Nang’ (Bahasa Madura).

Kejuaraan akan diambil 1,2,3. Harapan 1,2,3 juga peserta favorit. Untuk peserta favorit dinilai dari banyaknya jumlah komentar di akun Instagram Dinas Pendidikan (Disdik).

Kejuaraan bakal diumumkan pada tanggal 19 Mei 2023 di akun resmi Disdik.

Di kesempatan yang sama, juga digelar festival pecinta kijang kotak  yang dihadiri oleh berbagai kalangan di Jawa Timur. (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI