Lima Inovasi Kecamatan Pasongsongan Sabet Juara Dua Bupati Sumenep Award 2023

Pekaaksara

Kecamatan Pasongsongan
Camat Pasongsongan, Fariz Aulia Utomo saat menerima penghargaan Bupati Sumenep Award 2023 (Foto:Pekaaksara.com)

SUMENEP, pekaaksara.com – Kecamatan Pasongsongan menyabet juara dua pada pagelaran Bupati Sumenep Award 2023. Penghargaan diberikan langsung Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo di Taman Andhap Asor, Keraton Sumenep, Selasa (14/11/2023) malam.

Penghargaan ini diberikan sebagai salah satu apresiasi tranformasi inovasi dan kreativitas yang dilakukan Kecamatan Pasongsongan dalam pelayanan di era digitalisasi saat ini.

BACA JUGA : Bupati Sumenep Award 2023 Upaya Peningkatan Inovasi Pemerintahan Tingkat Kecamatan hingga Kelurahan

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Kecamatan Pasongsongan yang sudah berinovasi dalam pelayanan.

“Inovasi-inovasi seperti ini sangat penting dimiliki oleh Camat untuk bisa meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dan membawa Sumenep pada prestasi,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Pasongsongan, Fariz Aulia Utomo memaparkan, ada lima inovasi yang diterapkan di wilayah yang secara geografis terletak di Pantai Utara ini.

Pertama, Pelayanan Administrasi dan Pengelolaan Informasi Terpadu Online (Pangesto) merupakan aplikasi berbasis website yang dibangun untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Kecamatan Pasongsongan secara online.

“Dengan adanya Pangesto, pelayanan masyarakat menjadi cepat dan mudah, serta terintegrasi dengan data lunas PBB Perorangan,” terangnya.

Dhuli Alapor (Dhapor) merupakan Media Center sebagai akses layanan dalam melaporkan gangguan Trantibum dan kebencanaan di Kecamatan Pasongsongan. Dapat diakses kapan pun oleh Desa dan masyarakat.

Program ini merupakan laporan awal dan sebagai media penunjang dan membantu validasi secara cepat dari Program Call Center 112.

Pengembangan Jaringan Usaha BUMDesa (Paju BUMDesa) sebagai sarana pengelolaan Unit-unit BUMDesa melalui pengembangan potensi dengan kolaborasi pemberdayaan TP PKK bersama UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) / Home Industri / Kelompok Binaan melalui Rumah Kemasan, pengurusan Perijinan, Branding Produk dan Permodalan serta Penggunaan Media Sosial dan Digitalisasi Marketing (E-Commerce) guna menjangkau jaringan pasar yang lebih luas.

Sinkronisasi Urusan Dalam Percepatan Penurunan Stunting (Super Penting) adalah tim kerja lintas sektor dalam menyesuaikan program kegiatan pada masing-masing instansi yang ada di Kecamatan Pasongsongan dalam melaksanakan percepatan Penurunan Stunting

Terkahir, Ruang Obrolan Membaca dan Aspirasi (Roma) adalah wadah bagi masyarakat dalam penguatan literasi dan menjalin komunikasi serta aspirasi dalam permasalahan di wilayah Kecamatan Pasongsongan.

“Kami ucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Bupati Achmad Fauzi dan tim penilai atas penghargaan yang diberikan. Dengan ini, kami akan terus memberikan inovasi yang lebih bagus lagi kedepan untuk kenyamanan serta kemudahan bagi masyarakat,” katanya. (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI