2023, Ketersediaan Hewan Kurban di Sumenep Terpenuhi

Pekaaksara

Hewan kurban di Kabupaten Sumenep

SUMENEP, pekaaksara.comKepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKKP) Sumenep Arif Firmanto melalui Kabid Keswan Zulfa mengatakan, ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tahun 2023 terpenuhi.

“Alhamdulillah masih terpenuhi,” katanya, Jumat (09/06/2023) kepada pekaaksara.com.

Hewan kurban di Sumenep terpenuhi mengingat populasi hewan potong seperti sapi sangat banyak.

Menurut Zulfa, hewan kurban yang dipersiapkan sekitar 1000 ekor sepertihalnya tahun 2022. Terdiri dari Sapi dan Kambing. Dari 1000 ekor sapi dan kambing itu tersebar di berbagai tempat.

Pihaknya menyarakan agar hewan yang hendak dijadikan kurban agar dipotong di Rumah Pemotong Hewan (RPH) yang sudah disediakan Dinas terkait.

Sebab, kata Zulfa, sebelum hewan kurban itu dipotong akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu guna memastikan daging hewan tersebut Aman, Sehat, Utuh dan Halal (Asuh).

Selain itu, pihaknya mengimbau masyarakat terus menjaga kebersihan kandang. Caranya, bisa dilakukan dengan penyemprotan desinfektan secukupnya dan menjaga kandang agar tidak melekat dengan kotoran.

Untuk DKPP sendiri, pihaknya mengaku telah melakukan berbagai upaya. Menggencarkan program vaksinasi yang didukung dengan pencegahan dini.

Kemudian, penulusuran kasus penyakit hewan, pengendalian Lalu lintas serta vektor penyakit hewan.

“Kita lakukan dengan getol demi keamanan dan kenyamanan bersama,” pungkasnya. (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI