Prabowo Subianto Lantik Nusron Wahid sebagai Menteri ATR/BPN

Pekaaksara

Nusron Wahid
Nusron Wahid bersama AHY usai pelantikan Kabinet Merah Putih

JAKARTA, pekaaksara.com – Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto, telah melantik 53 menteri dan kepala lembaga baru dalam Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 21 Oktober 2024.

Salah satu menteri yang dilantik adalah Nusron Wahid sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), menggantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan.

Setelah pelantikan, Nusron Wahid menekankan pentingnya prinsip keadilan dalam penguasaan dan pemanfaatan tanah, menggarisbawahi perlunya reforma agraria untuk mencegah dominasi satu pihak swasta atas tanah yang luas, sementara petani kesulitan mencari lahan.

Selain itu, ia menyampaikan pesan dari Presiden Prabowo mengenai pemanfaatan tanah negara yang tidak terpakai dan penyelesaian sengketa tanah, yang menjadi fokus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah harus mengutamakan prinsip keadilan, pemerataan, keberlanjutan, jangan sampai ada satu pihak swasta yang menguasai jutaan hektare tanah di Indonesia, tapi ada petani yang kesulitan mencari tanah,” ujar Menteri Nusron Wahid.

Nusron Wahid hadir bersama istri, Dily Rosi Timadar, dan disambut oleh pejabat Kementerian ATR/BPN setelah pelantikan (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI