Peringati Hari Lingkugan Hidup Sedunia, Menteri AHY Tanam 100.000 Bibit Pohon

Pekaaksara

Menteri AHY
Menteri AHY menanam bibit pohon di Bekasi

BEKASI,pekaaksara.com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia, Menteri AHY bersama jajaran Kementrian ATR/BPN memanam 100.000 bibit pohon yang dilakukan serentak se Indonesia, Rabu (5/6/2024).

Masing-masing wilayah menanam sebanyak 200 bibit pohon. Penanaman simbolis di kompleks perkantoran Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Di Kabupaten Bekasi sendiri, terdapat dua jenis pohon yang ditanam di atas tanah kosong seluas satu hektare, yaitu 180 bibit pohon mahoni dan 20 bibit buah-buahan dengan masing-masing tinggi bibit pohon 50 sentimeter.

“Hari ini spesial, sebagai warga dunia harus turut peduli dalam urusan pelestarian lingkungan hidup,” kata Menteri AHY.

Kementerian ATR/BPN sebagai salah satu elemen penting yang juga turut andil dalam hal itu yang dibuktikan dengan penanaman ratusan ribu bibit pohon di seluruh indonesia yang dilakukan oleh masing-masing kantor pertanahan.

“Semoga ini menjadi aksi nyata yang dapat bermanfaat bukan hanya sekadar mengindahkan Indonesia tetapi memiliki nilai ekonomi dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” ujar AHY.

“Termasuk yang kita tanam adalah mahoni yang kita kenal sebagai salah satu jenis tanaman efektif untuk menyerap kembali karbon,” tambah AHY.

Pada prinsipnya, Menteri AHY menyatakan bahwa Kementerian ATR/BPN siap mendukung segala kebijakan Presiden Republik Indonesia dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan ekonomi hijau.

“Bagaimana kita mempersiapkan regulasi instrumen untuk menyeimbangkan antara kebutuhan pertumbuhan ekonomi dan menjaga lingkungan hidup kita,” pungkas Menteri AHY.

Untuk diketahui, status tanah yang ditempati penanaman pohon sudah bersertifikat Hak Pakai dari Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk Kantor Pertanahan setempat.

Penanaman 100.000 pohon kali ini merujuk pada tema besar Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, “Land Restoration, Desertification and Drought Resilience”.

Turut hadir secara luring, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat beserta jajaran dan Pj. Bupati Bekasi beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Bekasi.

Sementara yang secara daring, seluruh jajaran dari 33 Kantor Wilayah BPN Provinsi dan 479 Kantor Pertanahan yang ada di kabupaten/kota se-Indonesia (*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI