Era Bupati Fauzi Hidupkan Mimpi Mahasiswa Sumenep Lewat Beasiswa

Pekaaksara

Sumenep
Dokumentasi Bupati Achmad Fauzi saat menyerahkan program beasiswa kepada Mahasiswa asal Kabupaten Sumenep (Foto:Humas Pemkab Sumenep)

SUMENEP, pekaaksara.com – Dalam tiga tahun terakhir, Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo mengungkapkan upaya Pemkab Sumenep, Madura, dalam memberikan akses lebih luas dan merata terhadap pendidikan.

Pemkab Sumenep memiliki fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan beberapa kebijakan yang diterapkan melalui program.

Berbagai program dan juga fasilitas yang disiapkan seperti pemberian beasiswa kepada Mahasiswa, terutama bagi mereka yang kurang mampu agar terus bisa menempuh pendidikan yang berkualitas.

“Program itu bisa menjadikan mimpi generasi muda semakin dekat dengan kenyataan,” ujarnya, Kamis (26/9/2024).

Tercatat hingga September 2024, program beasiswa telah menjangkau sebanyak 798 Mahasiswa asal Kabupaten Sumenep.

Dia merinci, tahun 2021 penerima mencapai 43 orang yang tersebar di 13 Kecamatan. Tahun 2022 penyalurannya dibagi dua tahap. Pertama, 49 orang dari 16 Kecamatan dan tahap kedua sebanyak 139 dari 24 Kecamatan.

Begitu dengan tahun berikutnya yakni 2023 yang juga disalurkan dua tahap. Pertama, sebanyak 107 orang dari 25 Kecamatan. Tahap kedua, bertambah signifikan menjadi 190 orang yang berasal dari 25 Kecamatan.

Sementara di tahun 2024, pemerintah menambah kuota penerima beasiswa yakni sebanyak 270 orang. Para penerima tersebut tidak hanya yang berdomisili di wilayah daratan melainkan juga di kepulauan.

Semangat tersebut terus dia gelorakan agar semakin terjamin dalam hal ketepatan sasaran, waktu, jumlah dan pemanfaatannya.

Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan program beasiswa sebagai bagian dari upaya pemerataan hak dan kualitas pendidikan.

Dengan demikian, generasi muda Sumenep dapat merasakan manfaat dari program tersebut untuk keberlangsungan pendidikan.

Sementara itu, penerima beasiswa Pemkab Sumenep, Humairotul Fitri mengaku benar-benar merasakan manfaat program beasiswa di era Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo.

Perempuan cantik asal Kecamatan Bluto itu merasa terbantu untuk melangsungkan pendidikannya. Humairotul Fitri merupakan Mahasiswi Perguruan Tinggi Pondok Pesantren Nurul Islam Karang Cempaka, Kecmatan Bluto.

Penerima Program Beasiswa

Penerima program beasiswa tidak hanya diberikan kepada Mahasiswa yang menempuh pendidikan di Sumenep, melainkan juga yang ada di luar Madura. Dengan catatan, berdomisili asli warga kota keris.

Kemudian, penerima telah menempuh diatas semester 3 serta tidak sedang menerima beasiswa dalam bentuk apapun di perguruan tinggi masing-masing. Beasiswa tersebut diberikan satu kali dalam setahun. Per orang mendapatpatkan besaran Rp2,5 Juta.

Pada tahun 2021 anggaran yang dikucurkan mencapai Rp90 juta, 2023 Rp444 juta, 2024 Rp690 juta sedangkan 2024 sebesar Rp610 juta. Total anggaran beasiswa yang dikucurkan mencapai Rp1.834.000.000(*)

Baca Juga

Tinggalkan komentar

PASANG IKLAN DI SINI